Rabu, 20 Februari 2013

Soal Pembahasan UN Matematika

Soal Pembahasan UN Matematika 2012
1. Diketahui premis-premis berikut:
premis I : jika hari hujan maka saya tidak pergi
premis II : jika saya tidak pergi maka saya nonton sepak bola
Kesimpulan yang sah dari penarikan kesimpulan dua premis tersebut adalah ….
a. jika hujan maka saya tidak jadi nonton sepak bola
b. jika hari hujan maka saya nonton sepak bola
c. hari hujan dan saya nonton sepak bola
d. saya tidak nonton sepakbola atau hari tidak hujan
e. hari hujan, saya tidak pergi tetapi saya nonton sepak bola
Pembahasan
misal,
p : hari ini hujan
q : saya tidak pergi
r : saya nonton sepakbola
maka,
premis I : p → q
premis II : q → r
kesimpilannya: p → r
jawab b
2. Negasi dari pernyataan “Jika ada ujian sekolah maka siswa belajar dengan rajin.” adalah ….
a. ada ujian sekolah dan semua siswa tidak belajar dengan rajin
b. ada ujian sekolah dan beberapa siswa tidak belajar dengan rajin
c. ada ujian sekolah dan ada siswa yang belajar dengan rajin
d. tidak ada ujian sekolah dan semua siswa belajar dengan rajin
e. tidak ada ujian sekolah dan beberapa siswa siswa tidak belajar dengan rajin
Alternatif penyelesaian:
Misalkan,
p : ada ujian sekolah
q : semua siswa belajar rajin
maka pernyataan “Jika ada ujian sekolah maka semua siswa belajar dengan rajin” dapat ditulis
sebagai  p → q. Mengingat p → q  <=> ~p ˅q maka diperoleh ~(~p ˅q) <=>  p˄~q
Jadi negasi dari pernyataan “Jika ada ujian sekolah maka semua siswa belajar dengan rajin” adalah
“Ada ujian sekolah dan beberapa siswa tidak belajar dengan rajin”
untuk pembahasan soal Ujian Nasional (UN) Matematika bisa anda download pada link dibawah ini
Pembahasan soal ujian nasional (UN) matematika tahun pelajaran 2010/2011 IPA
Pembahasan soal ujian nasional (UN) matematika tahun pelajaran 2010/2011 IPS
Pembahasan soal ujian nasional (UN) matematika tahun pelajaran 2011/2012 IPA
Pembahasan soal ujian nasional (UN) matematika tahun pelajaran 2011/2012 IPS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar