Selasa, 15 Januari 2013

DESAIN PEMBALAJARAN MAT XI IPA



DESAIN PEMBELAJARAN MATEMATIKA
SMA NEGERI 1 MONTONG GADING
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Mata Pelajaran                        : Matematika
Kelas / Semester                      : XI / 1
Standar Kompetensi               : 1.  Menggunakan aturan statistika, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah.

No
Kompetensi Dasar
Kegiatan Pembelajaran
Tatap Muka
Tugas Tersruktur
Tugas Mandiri Tidak Tersruktur.

1

1.1.   Membaca data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive

Mengamati dan mengidentifikasi tentang data-data di sekitar  sekolah.


Mengidentifikasi data-data yang dinyatakan dalam berbagai model.


Mengelompokkan berbagai macam diagram dan tabel.
    Menyimak konsep tentang penyajian data

2

1.2     Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive serta penafsirannya


Melnyajikan data dalam berbagai bentuk diagram



Menafsirkan data dari berbagai macam bentuk.


Mengambil kesimpulan dari dua atau lebih kelompok data atau  informasi yang sejenis

3

1.3     Menghitung ukuran pemusatan, ukuran letak, dan ukuran penyebaran data, serta penafsirannya

Mendiskusikan pentingnya penyajian data dalam bentuk histogram dan ogive


Membuat tabel distribusi frekuensi dari data tertentu


Menggambar grafik histogram dari tabel distribusi

4

1.3     Menghitung ukuran pemusatan, ukuran letak, dan ukuran penyebaran data, serta penafsirannya


Berdiskusi  kelompok untuk menyelesaikan soal-soal sehari-hari untuk mencari ukuran pemusatan data kemudian disaji-kan dalam bentuk diagram dan menafsirkan hasil yang didapat.      

Menghitung ukuran pemusatan data baik data tunggal maupun data berkelompok


5

1.4. Menggunakan aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi dalam pemecahan masalah

Berdiskusi mengenai kaidah pencacahan yang mengarah pada aturan perkalian, permutasi dan kombinasi. 


Menentukan berbagai kemungkinan pengisian tempat (filling slot) dalam permainan tertentu atau masalah-masalah lainnya.

Menerapkan rumus aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi  untuk menyelesaikan soal
Menyelesaikan masalah-masalah aplikasi yang berkaitan dengan aturan perkalian, permutasi dan kombinasi.

6

1.5.   Menentukan ruang sampel suatu percobaan

Mendaftar titik-titik sampel dari suatu percobaan acak

Menentukan ruang sampel dari percobaan acak tunggal dan kombinasi

Menentukan banyaknya  titik sampel


7


1.6.   Menentukan peluang suatu kejadian dan penafsirannya.


Merancang dan melakukan percobaan untuk suatu kejadian.


Menyimpulkan peluang kejadian dari percobaan yang dilakukan untuk mendukung peluang kejadian secara teoritisnya.

Menentukan peluang suatu kejadian, peluang komplemen suatu kejadian.
Menentukan peluang suatu kejadian dari soal atau masalah sehari-hari.
DESAIN PEMBELAJARAN MATEMATIKA
SMA NEGERI 1 MONTONG GADING
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Mata Pelajaran                        : Matematika
Kelas / Semester                      : XI / 1
Standar Kompetensi               : 2. Menurunkan rumus Trigonometri dan penggunaannya.

No
Kompetensi Dasar
Kegiatan Pembelajaran
Tatap Muka
Tugas Tersruktur
Tugas Mandiri Tidak Tersruktur.

8

2.1. Menggunakan rumus sinus dan kosinus jumlah dua sudut, selisih dua sudut, dan sudut ganda untuk menghitung sinus dan kosinus sudut tertentu.

Mengulang kembali tentang konsep perbandingan sinus, cosinus dan tangen




Menurunkan rumus sinus jumlah dan selisih dua sudut

Menurunkan rumus cosinus jumlah dan selisih dua sudut


Menerapkan rumus sinus dan cosinus jumlah dan selisih dua sudut untuk  menyelesaikan soal.    

9

2.1    Menurunkan rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus

Menurunkan rumus jumlah dan selisih sinus

Menurunkan rumus jumlah dan selisih  cosinus



Menerapkan perkalian sinus dan cosinus dalam jumlah atau selisih sinus atau cosinus untuk menyelesaikan soal.

Menyelesaikan masalah yang menggunakan rumus-rumus jumlah dan selisih dua sinus dan jumlah atau selisih dua cosinus.

Menggunakan rumus tangen jumlah dan selisih dua sudut.


Dengan memanipulasi rumus yang ada, menurunkun rumus baru.


10

2.2.   Menurunkan rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus

Diskusi kelompok, membahas pembuktian soal yang melibatkan beberapa konsep trigonometri.


Menggunakan rumus sinus, cosinus, dan tangen sudut ganda


11

2.3.   Menggunakan rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus


Membuktikan identitas trigonometri  sederhana





Melakukan latihan menyelesaiakn identitas trigonometri 


Menghitung nilai trigonometri sudut dengan menggunakan rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus



DESAIN PEMBELAJARAN MATEMATIKA
SMA NEGERI 1 MONTONG GADING
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Mata Pelajaran                        : Matematika
Kelas / Semester                      : XI / 1
Standar Kompetensi               : 3. Menyusun persamaan lingkaran dan garis singgungnya

No
Kompetensi Dasar
Kegiatan Pembelajaran
Tatap Muka
Tugas Tersruktur
Tugas Mandiri Tidak Tersruktur.

12

3.1    Menyusun persamaan lingkaran yang memenuhi persyaratan yang ditentukan


Menentukan persamaan lingkaran berpusat di (0,0) dengan menggunakan teorema phytagoras



Menentukan persamaan lingkaran jika titik pusat di (0,0) dan jari-jarinya diketahui.


Menyusun persamaan lingkaran yang memenuhi kriteria tertentu.

13

3.1.   Menyusun persamaan lingkaran yang memenuhi persyaratan yang ditentukan


Menurunkan persamaan lingkaran yang berpusat di (a,b)

Menyatakan bentuk umum persamaan lingkaran



Menentukan persamaan lingkaran jika titik pusat dan jari-jarinya diketahui.


Menyusun persamaan lingkaran yang memenuhi kriteria tertentu.

14

3.2.   Menentukan persamaan garis singgung pada lingkaran dalam berbagai situasi




Menyelidiki sifat dari garis-garis yang menyinggung maupun tidak menyinggung lingkaran





Menentukan persamaan garis singgung lingkaran pada suatu lingkaran .


Menentukan suatu garis menyinggung dan tidak menyinggung suatu lingkaran dengan diskriminan.

15

3.2.   Menentukan persamaan garis singgung pada lingkaran dalam berbagai situasi


Menurunkan teorema tentang persamaan garis singgung pada lingkaran.


Menentukan persamaan garis singgung lingkaran pada suatu lingkaran yang sejajar atau tegak lurus dengan suatu garis tertentu.


Menggunakan diskriminan untuk menentukan persamaan garis singgung pada lingkaran.







DESAIN PEMBELAJARAN MATEMATIKA
SMA NEGERI 1 MONTONG GADING
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Mata Pelajaran                        : Matematika
Kelas / Semester                      : XI / 2
Standar Kompetensi               : 4. Menggunakan aturan sukubanyak dalam penyelesaian masalah.

No
Kompetensi Dasar
Kegiatan Pembelajaran
Tatap Muka
Tugas Tersruktur
Tugas Mandiri Tidak Tersruktur.

1

4.1   Menggunakan algoritma pembagian sukubanyak untuk menentukan hasil bagi dan sisa pembagian.


·   Membagi suku banyak  dengan suku banyak lain berderajat lebih rendah
·   Melakukan algoritma pembagian suku banyak dengan pembagi bentuk linier atau kuadrat


·   Melakukan latihan soal-soal dengan algoritma pembagian



·   Menggunakan algoritma pembagian sukubanyak untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan hasil bagi dan sisa pembagian


2

4.2     Menggunakan teorema sisa dan teorema faktor dalam pemecahan masalah



·   Menurunkan teorema sisa dan teorema faktor




·   Menggunakan teorema sisa dan teorema faktor untuk menyelesaikan soal.   


·   Menggunakan teorema sisa dan teorema faktor untuk menyelesaikan soal suku banyak berderajat tinggi.


Standar Kompetensi               : 5. Menentukan komposisi dua fungsi dan invers suatu fungsi

No
Kompetensi Dasar
Kegiatan Pembelajaran
Tatap Muka
Tugas Tersruktur
Tugas Mandiri Tidak Tersruktur.

3

5.1    Menentukan komposisi fungsi dari dua fungsi





·   Membahas ulang pengertian fungsi
·   Menjelaskan arti komposisi fungsi dalam konteks sehari-hari secara aljabar
·   Mengidentifikasi fungsi-fungsi baik yang dapat atau tidak dapat  dikomposisikan melalui contoh
·   Menyimpulkan syarat komposisi fungsi

·   Melakukan latihan soal fungsi komposisi yang bervariasi
·   Menyelidiki dan sifat-sifat komposisi fungsi melalui contoh
Menggunakan aturan komposisi dari beberapa fungsi untuk menyelesaikan masalah

·   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan  komponen yang membentuk fungsi komposisi.


4

5.2    Menentukan invers suatu fungsi


·   Melakukan kajian secara geometris untuk menentukan suatu fungsi mempunyai invers dan menyimpulkannya
·   Menggambar sketsa grafik fungsi invers dari grafik fungsi asalnya


·   Melakukan latihan menentukan fungsi invers dan grafiknya secara aljabar
·   Menyelidiki sifat invers dari fungsi melalui contoh
·   Menentukan invers dari  komposisi fungsi



·   Menerapkan aturan fungsi invers untuk menyelesaikan masalah.



Standar Kompetensi               : 6. Menggunakan konsep limit fungsi dan turunan fungsi dalam pemecahan masalah.

No
Kompetensi Dasar
Kegiatan Pembelajaran
Tatap Muka
Tugas Tersruktur
Tugas Mandiri Tidak Tersruktur.

5

6.1   Menjelaskan secara intuitif arti limit fungsi di suatu titik dan di takhingga.




·   Mendiskusikan  arti limit fungsi di satu titik melalui perhitungan nilai-nilai di sekitar titik tersebut
·   Mendiskusikan  arti limit fungsi di tak berhingga melalui perhitungan nilai-nilai di sekitar titik tersebut

·   Melakukan kajian pustaka tentang definisi eksak limit fungsi



6

6.2   Menggunakan sifat limit fungsi untuk menghitung bentuk tak tentu fungsi aljabar dan trigonometri

·   Menghitung limit fungsi aljabar dan trigonometri
·   Mengenal macam-macam bentuk tak   tentu


·   Melakukan perhitungan limit dengan manipulasi aljabar


·   Menghitung limit fungsi aljabar dan trigonometri dengan menggunakan sifat-sifat limit fungsi

7

6.3   Menggunakan konsep dan aturan turunan dalam perhitungan turunan fungsi






·   Mengenal konsep laju perubahan nilai fungsi dan gambaran geometrisnya
·   Dengan menggunakan konsep limit  merumuskan pengertian  turunan  fungsi.
·   Dengan menggunakan aturan turunan menghitung turunan fungsi aljabar.
·   Menurunkan sifat-sifat turunan dengan menggunakan sifat limit

·   Menentukan berbagai turunan fungsi aljabar dan trigonometri
·   Menentukan turunan fungsi dengan menggunakan aturan rantai



·   Melakukan latihan soal tentang turunan fungsi


8

6.4   Menggunakan turunan untuk menentukan karakteristik suatu fungsi dan memecahkan masalah



·   Mengenal secara geometris tentang fungsi naik dan turun
·   Mengidentifikasi fungsi naik atau fungsi turun menggunakan aturan turunan.       

        
·   Menggambar sketsa grafik fungsi dengan menentukan perpotongan sumbu koordinat, titik stasioner dan kemonotonannya
·   Menentukan titik stasioner suatu fungsi beserta jenis ekstrimnya

·   Menyelesaiakan persamaan garis singgung fungsi.


9


6.5   Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan ekstrim fungsi


·   Menyatakan masalah nyata dalam kehidupan sehari-hari dan membawanya ke konsep turunan.

·   model matematika dari masalah ekstrim fungsi.

·   Menentukan variabel-variabel dari masalah ekstrim fungsi



Mengembangkan strategi untuk merumuskan

10


6.6   Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan ekstrim fungsi dan penafsirannya

·   Diskusi kelompok membahas soal aplikatif dengan menggunakan konsep turunan


·   Menentukan penyelesaian dari model matematika dan menafsirkannya

·   Menentukan penyelesaian masalah nilai ekstrim yang berkaitan dengan kehidupan sehari hari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar