DESAIN PEMBELAJARAN MATEMATIKA
SMA NEGERI 1 MONTONG GADING
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester :
XI / 1
Standar Kompetensi : 1.
Menggunakan aturan statistika, kaidah pencacahan,
dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah.
No
|
Kompetensi Dasar
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
||
Tatap Muka
|
Tugas Tersruktur
|
Tugas Mandiri Tidak
Tersruktur.
|
||
1
|
1.1.
Membaca data dalam bentuk tabel dan diagram batang,
garis, lingkaran, dan ogive
|
Mengamati dan mengidentifikasi tentang data-data di sekitar sekolah.
|
Mengidentifikasi data-data yang dinyatakan dalam
berbagai model.
|
Mengelompokkan berbagai macam diagram dan
tabel.
Menyimak konsep tentang
penyajian data
|
2
|
1.2
Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang,
garis, lingkaran, dan ogive serta
penafsirannya
|
Melnyajikan data dalam berbagai bentuk diagram
|
Menafsirkan data dari berbagai macam bentuk.
|
Mengambil kesimpulan dari dua atau lebih kelompok data
atau informasi yang sejenis
|
3
|
1.3
Menghitung ukuran pemusatan, ukuran letak, dan ukuran
penyebaran data, serta penafsirannya
|
Mendiskusikan pentingnya penyajian data dalam bentuk
histogram dan ogive
|
Membuat tabel distribusi frekuensi dari data tertentu
|
Menggambar grafik histogram dari tabel distribusi
|
4
|
1.3
Menghitung ukuran pemusatan, ukuran letak, dan ukuran
penyebaran data, serta penafsirannya
|
Berdiskusi
kelompok untuk menyelesaikan soal-soal sehari-hari untuk mencari
ukuran pemusatan data kemudian disaji-kan dalam bentuk diagram dan
menafsirkan hasil yang didapat.
|
Menghitung ukuran pemusatan data baik data tunggal
maupun data berkelompok
|
|
5
|
1.4. Menggunakan aturan
perkalian, permutasi, dan kombinasi dalam pemecahan masalah
|
Berdiskusi mengenai kaidah pencacahan yang mengarah
pada aturan perkalian, permutasi dan kombinasi.
|
Menentukan berbagai kemungkinan pengisian tempat (filling slot) dalam permainan
tertentu atau masalah-masalah lainnya.
|
Menerapkan rumus aturan perkalian, permutasi, dan
kombinasi untuk menyelesaikan soal
Menyelesaikan masalah-masalah aplikasi yang berkaitan
dengan aturan perkalian, permutasi dan kombinasi.
|
6
|
1.5.
Menentukan ruang sampel suatu percobaan
|
Mendaftar titik-titik sampel dari suatu percobaan acak
|
Menentukan ruang sampel dari percobaan acak tunggal dan
kombinasi
|
Menentukan banyaknya
titik sampel
|
7
|
1.6.
Menentukan peluang suatu kejadian dan penafsirannya.
|
Merancang dan melakukan percobaan untuk suatu kejadian.
|
Menyimpulkan peluang
kejadian dari percobaan yang dilakukan untuk mendukung peluang kejadian
secara teoritisnya.
|
Menentukan peluang suatu
kejadian, peluang komplemen suatu kejadian.
Menentukan peluang suatu
kejadian dari soal atau masalah sehari-hari.
|
DESAIN PEMBELAJARAN MATEMATIKA
SMA NEGERI 1 MONTONG GADING
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester :
XI / 1
Standar Kompetensi :
2. Menurunkan rumus Trigonometri dan
penggunaannya.
No
|
Kompetensi Dasar
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
||
Tatap Muka
|
Tugas Tersruktur
|
Tugas Mandiri Tidak
Tersruktur.
|
||
8
|
2.1. Menggunakan rumus sinus
dan kosinus jumlah dua sudut, selisih dua sudut, dan sudut ganda untuk
menghitung sinus dan kosinus sudut tertentu.
|
Mengulang kembali tentang
konsep perbandingan sinus, cosinus dan tangen
|
Menurunkan rumus sinus
jumlah dan selisih dua sudut
Menurunkan rumus cosinus
jumlah dan selisih dua sudut
|
Menerapkan rumus sinus dan
cosinus jumlah dan selisih dua sudut untuk
menyelesaikan soal.
|
9
|
2.1
Menurunkan rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus
|
Menurunkan rumus jumlah dan
selisih sinus
Menurunkan rumus jumlah dan
selisih cosinus
|
Menerapkan perkalian sinus
dan cosinus dalam jumlah atau selisih sinus atau cosinus untuk menyelesaikan
soal.
Menyelesaikan masalah yang
menggunakan rumus-rumus jumlah dan selisih dua sinus dan jumlah atau selisih
dua cosinus.
Menggunakan rumus tangen jumlah dan selisih dua
sudut.
|
Dengan memanipulasi rumus
yang ada, menurunkun rumus baru.
|
10
|
2.2.
Menurunkan rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus
|
Diskusi kelompok, membahas
pembuktian soal yang melibatkan beberapa konsep trigonometri.
|
Menggunakan rumus sinus,
cosinus, dan tangen sudut ganda
|
|
11
|
2.3.
Menggunakan rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus
|
Membuktikan identitas
trigonometri sederhana
|
Melakukan latihan menyelesaiakn identitas trigonometri |
Menghitung nilai
trigonometri sudut dengan menggunakan rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus
|
DESAIN PEMBELAJARAN MATEMATIKA
SMA NEGERI 1 MONTONG GADING
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester :
XI / 1
Standar Kompetensi :
3. Menyusun persamaan lingkaran dan
garis singgungnya
No
|
Kompetensi Dasar
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
||
Tatap Muka
|
Tugas Tersruktur
|
Tugas Mandiri Tidak
Tersruktur.
|
||
12
|
3.1
Menyusun persamaan lingkaran yang memenuhi persyaratan yang
ditentukan
|
Menentukan persamaan lingkaran berpusat di (0,0) dengan
menggunakan teorema phytagoras
|
Menentukan persamaan lingkaran jika titik pusat di
(0,0) dan jari-jarinya diketahui.
|
Menyusun persamaan lingkaran yang memenuhi
kriteria tertentu.
|
13
|
3.1.
Menyusun persamaan lingkaran yang memenuhi persyaratan
yang ditentukan
|
Menurunkan persamaan lingkaran yang berpusat di (a,b)
Menyatakan bentuk umum persamaan lingkaran
|
Menentukan persamaan lingkaran jika titik pusat dan
jari-jarinya diketahui.
|
Menyusun persamaan lingkaran yang memenuhi
kriteria tertentu.
|
14
|
3.2.
Menentukan persamaan garis singgung pada lingkaran
dalam berbagai situasi
|
Menyelidiki sifat dari garis-garis yang menyinggung
maupun tidak menyinggung lingkaran
|
Menentukan persamaan garis
singgung lingkaran pada suatu lingkaran .
|
Menentukan suatu garis
menyinggung dan tidak menyinggung suatu lingkaran dengan diskriminan.
|
15
|
3.2.
Menentukan persamaan garis singgung pada lingkaran
dalam berbagai situasi
|
Menurunkan teorema tentang persamaan garis singgung
pada lingkaran.
|
Menentukan persamaan garis
singgung lingkaran pada suatu lingkaran yang sejajar atau tegak lurus dengan suatu garis
tertentu.
|
Menggunakan diskriminan
untuk menentukan persamaan garis singgung pada lingkaran.
|
DESAIN PEMBELAJARAN MATEMATIKA
SMA NEGERI 1 MONTONG GADING
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester :
XI / 2
Standar Kompetensi :
4. Menggunakan aturan sukubanyak
dalam penyelesaian masalah.
No
|
Kompetensi Dasar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Tatap Muka
|
Tugas Tersruktur
|
Tugas Mandiri Tidak
Tersruktur.
|
||
1
|
4.1 Menggunakan algoritma pembagian sukubanyak untuk menentukan
hasil bagi dan sisa pembagian.
|
· Membagi suku banyak dengan suku banyak lain berderajat lebih
rendah
· Melakukan algoritma
pembagian suku banyak dengan pembagi bentuk linier atau kuadrat
|
· Melakukan latihan soal-soal
dengan algoritma pembagian
|
· Menggunakan algoritma
pembagian sukubanyak untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan hasil
bagi dan sisa pembagian
|
2
|
4.2
Menggunakan teorema sisa dan teorema faktor dalam
pemecahan masalah
|
·
Menurunkan teorema sisa dan teorema faktor
|
· Menggunakan teorema sisa dan
teorema faktor untuk menyelesaikan soal.
|
· Menggunakan teorema sisa dan
teorema faktor untuk menyelesaikan soal suku banyak berderajat tinggi.
|
Standar Kompetensi :
5. Menentukan komposisi dua
fungsi dan invers suatu fungsi
No
|
Kompetensi Dasar
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
||
Tatap Muka
|
Tugas Tersruktur
|
Tugas Mandiri Tidak
Tersruktur.
|
||
3
|
5.1
Menentukan komposisi fungsi dari dua fungsi
|
·
Membahas ulang
pengertian fungsi
·
Menjelaskan arti
komposisi fungsi dalam konteks sehari-hari secara aljabar
· Mengidentifikasi fungsi-fungsi baik yang dapat atau tidak dapat dikomposisikan melalui contoh
· Menyimpulkan syarat komposisi fungsi
|
· Melakukan latihan soal fungsi komposisi yang bervariasi
· Menyelidiki dan sifat-sifat komposisi fungsi melalui contoh
Menggunakan aturan komposisi dari beberapa fungsi untuk
menyelesaikan masalah
|
· Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan komponen yang
membentuk fungsi komposisi.
|
4
|
5.2
Menentukan invers suatu fungsi
|
· Melakukan kajian secara
geometris untuk menentukan suatu fungsi mempunyai invers dan menyimpulkannya
· Menggambar sketsa grafik
fungsi invers dari grafik fungsi asalnya
|
· Melakukan latihan menentukan
fungsi invers dan grafiknya secara aljabar
· Menyelidiki sifat invers
dari fungsi melalui contoh
· Menentukan invers dari komposisi fungsi
|
· Menerapkan aturan fungsi
invers untuk menyelesaikan masalah.
|
Standar Kompetensi :
6. Menggunakan konsep limit
fungsi dan turunan fungsi dalam pemecahan masalah.
No
|
Kompetensi Dasar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Tatap Muka
|
Tugas Tersruktur
|
Tugas Mandiri Tidak
Tersruktur.
|
||
5
|
6.1 Menjelaskan secara intuitif arti limit fungsi di suatu titik dan
di takhingga.
|
· Mendiskusikan arti limit fungsi di satu titik melalui
perhitungan nilai-nilai di sekitar titik tersebut
· Mendiskusikan arti limit fungsi di tak berhingga melalui
perhitungan nilai-nilai di sekitar titik tersebut
|
· Melakukan kajian pustaka
tentang definisi eksak limit fungsi
|
|
6
|
6.2 Menggunakan sifat limit fungsi untuk menghitung bentuk tak tentu
fungsi aljabar dan trigonometri
|
·
Menghitung limit fungsi aljabar dan trigonometri
·
Mengenal macam-macam bentuk tak tentu
|
·
Melakukan perhitungan limit dengan manipulasi aljabar
|
·
Menghitung limit fungsi aljabar dan trigonometri
dengan menggunakan sifat-sifat limit fungsi
|
7
|
6.3 Menggunakan konsep dan aturan turunan dalam perhitungan turunan
fungsi
|
·
Mengenal konsep laju
perubahan nilai fungsi dan gambaran geometrisnya
·
Dengan menggunakan konsep limit merumuskan pengertian turunan
fungsi.
·
Dengan menggunakan aturan turunan menghitung turunan
fungsi aljabar.
·
Menurunkan sifat-sifat turunan dengan menggunakan sifat
limit
|
·
Menentukan berbagai turunan fungsi aljabar dan
trigonometri
·
Menentukan turunan fungsi dengan menggunakan aturan
rantai
|
·
Melakukan latihan soal tentang turunan fungsi
|
8
|
6.4 Menggunakan turunan untuk menentukan karakteristik suatu fungsi
dan memecahkan masalah
|
·
Mengenal secara geometris tentang fungsi naik dan turun
·
Mengidentifikasi fungsi naik atau fungsi turun
menggunakan aturan turunan.
|
· Menggambar sketsa grafik
fungsi dengan menentukan perpotongan sumbu koordinat, titik stasioner dan
kemonotonannya
· Menentukan titik
stasioner suatu fungsi beserta jenis ekstrimnya
|
· Menyelesaiakan persamaan
garis singgung fungsi.
|
9
|
6.5 Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan
ekstrim fungsi
|
·
Menyatakan masalah nyata dalam kehidupan sehari-hari
dan membawanya ke konsep turunan.
·
model matematika dari masalah ekstrim fungsi.
|
·
Menentukan variabel-variabel dari masalah ekstrim
fungsi
|
Mengembangkan strategi untuk merumuskan
|
10
|
6.6 Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan
dengan ekstrim fungsi dan penafsirannya
|
· Diskusi kelompok membahas
soal aplikatif dengan menggunakan konsep turunan
|
·
Menentukan penyelesaian dari model matematika dan
menafsirkannya
|
·
Menentukan penyelesaian masalah nilai ekstrim yang
berkaitan dengan kehidupan sehari hari
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar